Minggu, 10 Oktober 2010

Database design, Lesson 1

Dalam membangun aplikasi mungkin kita sering berhadapan dengan database. Apa pula dengan database? mengapa kita harus mendesian database sebelum membuatnya? seberapa pentingkah desain database? Kita akan menyimaknya satu persatu. From now, blog ini akan merecord kemajuan penulis dalam merekam buku “Beginning database Design, Gavin Powell, 2006”. Hope you enjoy it. Lumayan buat temen-temen yang masih kuliah, sebagai tambahan bahan makalah kalian. Lets begin, Lesson 1…

Database adalah… kita lihat pengertiannya darii Gavin Powell :

a database is a structured object. It can be a pile of papers, but most likely in the modern
world it exists on a computer system. That structured object consists of data and metadata, with metadata
being the structured part.

Desain database merupakan pondasi aplikasi. Jika membangun sesuatu tanpa pondasi, kemudian setelah bangunan jadi baru dirapihkan, maka otomatis bangunan perlu perombakan disana sini, bahkan yang lebih mengerikan ia akan menimpa kepalamu. Mendesign berarti memastikan semuanya bekerja tanpa harus membangun terlebih dahulu, lebih kearah seperti semacam tes diatas kertas sebelum menghabiskan waktu ribuan jam,uang,tenaga utk trial dan error.

Merubah struktur database biasanya merubah coding aplikasi, dan itu merepotkan. Hal ini dapat dikurangi dengan membangun aplikasi yang meminimalisir dependensi dengan model database. Tetapi akan bermasalah dengan pengkodingan yang generic… sangat tidak efisien. Hal yang benar adalah membuat aplikasi yang benar disertai desain database yang benar.
Dalam membangun sebuah aplikasi dari nol perubahan struktur database pasti memerlukan perubahan aplikasi, Tetapi dengan cara ini kerja kita akan jauh tertolong karena hal ini sudah direncanakan

Bagaimana cara mendesain database ? Menurut beberapa metode, langkah yang umum adalah :

  1. Requirement analysis => mencari informasi
  2. Conceptual design => membuat ERD
  3. Logical Design=>menjabarkan kedalam DDL

Nah sekian dulu untuk pelajaran hari ini. Berhubung penulis banyak kerjaan jadi meresume bukunya juga nyicil. Yang penting, konsep-konsep penting kita kuasai dengan benar.

Title: Database design, Lesson 1; Written by Denta; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar